Sabtu, 27 Mei 2017

File Explorer Modern di Windows 10 Creators Update


Hal ini memang bukan hal baru dan sudah pernah dibahas di situs-situs luar negeri. Saya hanya ingin berbagi bagaimana cara untuk memunculkan file explorer modern yang ada di Windows 10 Creators Update. Modern yang saya maksud disini adalah jenis aplikasi yang komponen-komponennya dirancang agar lebih touch-friendly. Yang artinya, ukuran font, penataan menu, dan tampilan kontennya berukuran kurang lebih seukuran ujung jari atau lebih besar.

Untuk bisa memunculkannya, pertama kamu harus membuat shortcut di desktop kamu dengan cara klik kanan di desktop - kemudian pilih New - Shortcut.


Pada jendela yang muncul, copy text berikut dalam textfield lokasi item.
explorer shell:AppsFolder\c5e2524a-ea46-4f67-841f-6a9465d9d515_cw5n1h2txyewy!App

Klik Next.


Beri nama shortcut sesuai yang kamu inginkan, disini saya beri nama Explorer Modern. Kemudian tekan finish.


Jika sudah, di desktopmu akan muncul ikon shortcut Explorer Modern. Klik 2 kali pada ikon tersebut akan membuka aplikasi explorer modern yang selama ini masih dirahasiakan oleh Microsoft keberadaannya.




Dari segi tampilan, file explorer modern desainnya sangat minimalis. Di bagian atas terdapat humberger button dan di sebelahnya terdapat address directory. Di bagian bawah terdapat option menu yang berubah-ubah, saat berada pada suatu direktori tertentu option menu yang muncul adalah Multiselect, New directory, Thumbnails/Lists, dan Search. Sedangkan saat kursor kita sedang memilih suatu file pada suatu direktori, option menunya akan berubah menjadi Multiselect, Delete, Move, Copy, dan Share. Sedangkan pada sisi kiri terdapat ikon yang menunjukkan Device dan Drive yang terhubung ke komputer kamu.

Dari segi fitur-fiturnya memang tidak selengkap File Explorer berbasis win32. Namun desain yang simple dan fitur-fitur dasar dari modern explorer sudah cukup baik untuk kebutuhan akses file sehari-hari. Ditambah lagi, modern explorer memiliki fitur smooth scrolling dan dapat memuat thumbnail yang banyak dalam waktu yang lebih cepat.

0 comments:

Posting Komentar