Minggu, 16 April 2017

Windows 10 Creators Update


Setelah resmi diluncurkan tanggal 11 april 2017 lalu, akhirnya saya berhasil update ke milestone terbaru Windows 10. Codename yang digunakan untuk iterasi Windows 10 terbaru ini adalah "Creators Update". Waktu yang diperlukan untuk mendownload update-nya adalah sekitar 1 jam 30 menit namun itu tergantung kecepatan koneksi internet masing-masing, sedangkan untuk instalasi updatenya sendiri hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit.
Spesifikasi hardware minimum untuk menjalankan Windows 10 Creators update diantaranya adalah prosesor minimal 1GHz, RAM 1GB untuk 32bit atau 2GB untuk 64bit, space kosong harddisk 15GB untuk 32bit atau 20GB untuk 64bit, dan graphic card yang sudah mendukung DirectX 9 dengan driver WDDM 1.0.

Notebook saya sendiri adalah keluaran tahun 2013 dengan prosesor Core i3-3217U, RAM 4GB, dual graphics Intel HD 4000 dan Nvidia 740M, dengan ruang penyimpanan SSD 250GB dan HDD 500GB. Dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, Windows 10 Creators update berjalan dengan sangat lancar di notebook saya. Untuk booting saja hanya memerlukan waktu rata-rata kurang dari 20 detik. Selain itu terdapat banyak fitur-fitur menarik yang disemakan oleh Microsoft dalam Windows 10 terbaru ini.

#Microsoft Edge
Fitur pertama yang saya sukai ada pada browser Edge. Browser yang masih seumur jagung ini memiliki fitur Tab Previews, yang fungsinya adalah menampilkan thumbnail tab yang sedang kamu jalankan sehingga kamu dapat melihat tab mana yang benar-benar ingin kamu buka.


Fitur lain yang disematkan adalah Tabs aside, fungsinya adalah membuat tab yang sedang kamu buka dialihkan ke samping sehingga tidak memenuhi tab bar bowser Edge. Selain itu Edge juga dapat membuka e-book dengan format pdf dan epub.



#Personalisasi
Pada sisi personalisasi ada beberapa fitur baru yang menurut saya menarik, sekarang pengguna dapat memilih sendiri warna title bar window, taskbar, dan juga start screen. Pada versi sebelumnya warna yang tersedia adalah warna bawaan dari Windows, sedangkan versi yang sekarang pengguna dapat menentukan sendiri warna yang ingin digunakan menggunakan color picker.


Fitur lainnya adalah theme seperti pada versi Windows 7 dan 8. Kini fitur theme kembali disematkan pada Windows 10. Selain itu, kamu juga tidak perlu bingung mencari tempat atau situs yang menyediakan tema-tema untuk Windows 10 karena di Windows Store sekarang juga menyediakan tema yang bisa di download dan diakses dengan mudah.



#Gaming
Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah fitur-fitur untuk pecinta game. Pada Windows 10 Creators Update, terdapat submenu baru pada Setting yaitu "Gaming". Dalam submenu tersebut terdapat beberapa pengaturan yang dapat memanjakan para gamer diantaranya adalah pengaturan keyboard shortcut, record screen dan broadcasting, ada juga gaming mode.

Keyboard shortcut dapat dikustomisasi sesuai keinginan. Record screen juga demikian, kamu dapat memilih kualitas video dan audio perekaman layar sesuai keinginan. Gaming mode juga dapat sedikit memaksimalkan performa dalam bermain game. Saya sendiri tidak terlalu sering menggunakan fitur-fitur ini karena saya bukan seorang gamer. Tapi fitur record screen pada submenu ini ternyata dapat digunakan untuk merekam layar bukan hanya saat bermain game saja, namun hampir disemua kondisi.


#Night Light
Fitur berikutnya yang sangat berguna adalah Night Light, fitur ini berfungsi untuk mengurangi cahaya biru yang terpapar pada mata saat menggunakan komputer pada kondisi ruangan yang gelap. Temperatur saturasinya pun dapat diatur sesuai keinginan. Fitur ini mirip dengan software Flux yang pernah saya bahas sebelumnya. Terdapat juga pengaturan waktu untuk mengaktifkan fitur ini secara otomatis, saya sendiri mengatur agar fitur ini aktif pada waktu senja (6 PM) dan kembali nonaktif saat pagi (7 AM). Selain itu juga terdapat opsi untuk mengaktifkan fiturnya berdasarkan lokasi sehingga fitur ini akan aktif dan nonaktif berdasarkan waktu senja pada lokasi kamu.


#Storage Sense
Fitur ini berguna untuk menambah kapasitas disk yang kita gunakan dengan menghapus file-file sampah yang tidak beguna dari komputer kita. Fitur ini mirip dengan Disk Clean Up namun Storage Sense dapat berjalan secara otomatis dengan syarat harus diberi persetujuan oleh pengguna.


#Start Screen Folder
Pada Windows 10 Creators Update, mengatur tiles pada start screen menjadi lebih mudah karena dapat mengelompokkan apps dalam folder. Untuk dapat mengelompokkannya cukup dengan drag and drop apps yang ingin dikumpulkan menjadi satu. Dengan adanya fitur ini, jumlah tiles pada start screen dapat dikurangi.



#Paint 3D
Microsoft paint yang kita kenal, sekarang berevolusi dengan disematkannya fitur 3D. Dalam Paint 3D kita dapat membuat objek-objek 3D minimalis dan memberinya warna ataupun motif. Juga terdapat fitur-fitur paint standar seperti brush, pencil, crayon dan lain-lain.


#User Experience
Fitur terakhir yang saya rasakan adalah user experience. Ya, user experience pada Windows 10 Creators Update terasa lebih homogen, seperti tablet, terasa seperti lebih smooth di berbagai aspek. Juga mulai banyak aplikasi atau software yang sedikit menyematkan fitur tablet dimana komponen-komponen menu-nya berukuran besar sehingga lebih mudah untuk di sentuh (touch friendly) namun tidak menghilangkan atau mengurangi pengalaman pengguna mouse dan touchpad.
Windows Store juga menjadi satu pusat download dimana aplikasi, tema, e-book, musik, dan film dapat diakses dengan mudah. Aplikasi-aplikasi bawaan Windows 10 pun juga lebih memanjakan pengguna (home user), seperti People yang berfungsi seperti kontak atau buku telepon (Address Book), Calendar yang terintegrasi dengan akun e-mail, News yang menyediakan berita-berita terupdate, dan fitur-fitur lainnya yang membuat sistem operasi ini menjadi semakin mudah untuk digunakan.

0 comments:

Posting Komentar