Minggu, 19 Februari 2017

Masuk Ke Mode EDL Ponsel Xiaomi Menggunakan Minimal ADB


Beberapa waktu lalu, Xiaomi mengumumkan akan meluncurkan update MIUI Global ROM 8.2 untuk beberapa device besutannya termasuk smartphone saya Redmi 3 yang akan diluncurkan tanggal 20 februari 2016. Saya sendiri sedang memakai custom ROM Xiaomi.eu berbasis MIUI 8.1.1.0. Mendengar pengumuman tersebut saya langsung mengembalikan Redmi 3 saya ke ROM Global versi 8.1.3.0 yang mana versi tersebut adalah versi paling terbaru yang tersedia untuk device saya. Kendala yang saya hadapi adalah saya tidak dapat masuk ke mode download (EDL) karena Redmi 3 saya telah terinstall TWRP.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk dapat masuk ke mode EDL. Cara yang pertama adalah masuk ke mode recovery terlebih dahulu dengan menekan tombol power dan volume up secara bersamaan, setelah masuk ke stock recovery barulah kita bisa memilih Download mode. Namun cara ini justru membawa saya masuk ke TWRP bukan ke stock recovery.

Cara lain adalah menggunakan mode fastboot. Metode ini menggunakan file fastboot edl.exe yang bisa kamu cari di forum-forum Xiaomi. Namun cara ini tidak berhasil membuat Redmi 3 saya reboot ke mode EDL, tetapi justru membuat reboot kembali ke system.

Cara yang terakhir adalah menggunakan Minimal ADB. Ini adalah satu-satunya cara yang bisa membuat Redmi 3 saya reboot ke mode EDL. Untuk menggunakan cara ini kamu perlu mengunduh  minimal ADB terlebih dahulu dan menginstallnya di PC kamu. Dengan cara ini, kamu tidak perlu masuk mematikan ponsel dan ke mode fastboot. Kamu cukup menghubungkan ponsel Xiaomi mu ke PC dan mengaktifkan USB Debugging.

#Install Minimal ADB
Pertama download terlebih dahulu Minimal ADB melalui link ini dalam format rar. Setelah itu ekstrak file rar tersebut dan install di PC kamu.


#Jalankan Minimal ADB
Setelah instalasi selesai, pilih launch. Atau kamu dapat menjalankan Minimal ADB secara manual melalui Start menu.


Program akan membuka command prompt yang sudah diarahkan ke direktori C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot


#Aktifkan USB debugging
Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan USB debugging ponsel Xiaomi kamu. Buka Setting > About phone. Lalu tap berulang kali pada MIUI version sampai muncul pop up yang menunjukkan Developer options telah aktif.


Kembali ke halaman awal Setting, pilih Additional Setting kemudian pilih Developer options. Lalu geser switch USB debugging. Kemudian hubungkan ponsel ke PC dengan kabel USB.

#Cek Device
Setelah ponsel terhubung, kembali ke program Minimal ADB. Cek apakah program telah mengenali ponsel dengan mengetikkan perintah "adb devices". Jika hasil menunjukkan kalau ponsel kamu masih unauthorized, kamu hanya perlu mengecek ponselmu. Karena akan muncul pop up yang meminta persetujuan untuk memperbolehkan debugging.


Jalankan perintah "adb devices" kembali, ponsel kamu akan dikenali sebagai "device".


#Boot ke mode EDL
Setelah semua terpenuhi, kamu siap masuk ke mode EDL. Cara untuk masuk ke mode EDL adalah dengan mengetikkan perintah "adb reboot edl" lalu Enter. Seketika itu ponsel kamu akan mati dan LED notifikasi tidak menyala walaupun terhubung ke USB.


Untuk memastikan buka Device Manager dan pastikan Port ponsel kamu sudah terdeteksi. Biasanya ditandai dengan nama COM. Jika sudah terdeteksi, kamu dapat melanjutkan menginstall ROM MIUI menggunakan MiFlash.

Bila ROM yang kamu install adalah stock ROM MIUI maka TWRP akan otomatis terhapus setelah proses flashing selesai. Cara ini dapat digunakan bila ponsel kamu sudah terinstal TWRP sebagai custom recovery-nya. Karena dengan adanya TWRP, stock recovery (dimana terdapat opsi untuk masuk ke mode EDL) akan di-disable.


11 komentar:

  1. Gan kalo ngeluarin mode edl gimana ya soalnya abis pasang mode edl hp langsung matot ga bisa nyala sama sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya ngeluarin mode EDL gimana gan/sis? mode EDL itu sebenarnya sudah ada di HP xiaomi tinggal gimana cara kita mengaksesnya. Cara yang saya post disini bisa digunakan untuk mengakses mode EDL dengan catatan ponsel harus bisa nyala atau bisa masuk ke system (tidak dalam kondisi bootloop, mati total, atau bricked).

      Kalau ponsel dalam kondisi mati total atau bootloop, sebaiknya di flash menggunakan miflash terlebih dahulu.

      Hapus
  2. Tolong gan xiomi bener" fastboot itu gimana ngatasin'a ,biar nambah sedikit ilmu .
    Makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penjelasan agan kurang jelas gan. Kalau mau masuk fastboot, normalnya nonaktifkan ponsel dulu, setelah nonaktif tekan tombol power dan vol- bersamaan.

      Hapus
  3. keluarnya error: no device/emulator found mohon pencerahanya gan

    BalasHapus
  4. keluarnya error: no device/emulator found mohon pencerahanya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Device nya belum terdeteksi di PC nya gan, cek kabel atau drivernya udah keinstall atau belum.

      Hapus
  5. #ask
    gan h ane rdmi note 4g, cuma bisa nyala ke mode fastboot sama masih bisa masuk recovery, nah saat saya flash pake mi pc suite selalu gagal, saya coba flash pake miflash juga gagal, pake udate zip lewat recovery gagal, coba gan minta solusnya gan..

    BalasHapus
  6. Recovery-nya masih stock atau udah pakai twrp gan? kalo udah twrp, langsung download rom yang bisa di-flash via twrp aja. Terus langsung flash via twrp.

    Atau pakai miflash seperti di tutorial ini
    http://www.dadroidrd.com/2017/05/cara-fastboot-xiaomi-redmi-note-4x.html

    BalasHapus
  7. Gan ada yg nyimpan fix modem non-hlos redmi note 2

    BalasHapus