Minggu, 30 Oktober 2016

Menonaktifkan (Disable) Cortana Pada Windows 10 Anniversary Update (Build 14393)

Bagi pengguna Windows, hadirnya Windows 10 merupakan hal yang telah ditunggu-tunggu para pecinta komputer. Karena selain menggabungkan gaya dari Windows 8.1 dan Windows 7, Windows 10 juga memiliki banyak fitur-fitur yang dapat membantu penggunanya. Terbukti dalam waktu 1 tahun sejak dirilis, Windows 10 telah menduduki peringkat kedua sebagai OS yang paling banyak digunakan di dunia yakni dengan presentase market share sebesar 22.53%, diikuti dengan Windows XP 9.11%, Windows 8.1 7,83%, dan Mac OS 10.11 sebesar 4.07% (Data tertanggal 30 Oktober 2016).

Cortana
Windows 10 selalu mendapatkan frekuensi update yang sangat padat, dan salah satu versi stabil terakhir adalah Build 14393. Namun tahukah kamu, pada build ini salah satu fitur andalan Windows 10 yakni Cortana tidak dapat dinonaktifkan seperti pada build sebelum-sebelumnya. Cortana sendiri semakin tertanam pada sistem operasi dan seringkali melakukan proses-proses penggalian pada data-data pribadi untuk memaksimalkan kinerjanya sebagai pelayan virtual di PC kamu. Hal ini kadang membuat PC kamu menjadi sedikit melambat karena proses yang dijalankan Cortana membuat PC kamu membaca keseluruhan isi storage (harddisk) dan membuat kinerja Disk-nya menjadi 100% seperti yang saya alami, kamu bisa mengeceknya melalui Task Manager.

Disk Perform 100%
Kali ini, saya ingin berbagi cara untuk menonaktifkan Cortana pada Windows 10 Build 14393 dengan membuat beberapa pengaturan pada registry. Namun sebelum itu, kamu perlu membuat backup registry-mu lebih dulu.

Caranya mudah, pertama jalankan Run dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketikkan regedit dan tekan Enter/OK.

Run - regedit
Lalu pada jendela Registry Editor yang muncul, Klik File - Export. Kemudian simpan pada direktori yang kamu inginkan dan beri nama sesuai yang kamu inginkan. Saya sarankan pada nama file cantumkan juga tanggal hari ini agar tidak lupa tanggal kita mem-backup registry.

Export Registry
Setelah itu, kita bisa memulai menonaktifkan Cortana. Masih pada jendela Registry Editor, buka direktori :

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\Windows Search

Bila di Registry Editor kamu tidak ada direktori tersebut, kamu cukup membuatnya sendiri. Posisikan kursormu pada direktori Windows. Klik kanan dan klik New - Key. Kemudian beri nama 'Windows Search'.

New - Key
Setelah itu, klik pada direktori yang baru kamu buat. Buat binary data baru dengan cara Klik kanan, pilih New - DWORD (32-Bit) Value. Beri nama 'AllowCortana'.

New - DWORD 32 Bit
Jika sudah dibuat, klik dua kali pada binary data AllowCortana tersebut. Beri nilai 0 pada field Value. Secara default sebenarnya Value sudah bernilai 0. Namun kamu bisa tetap melakukan langkah ini untuk memastikan.

Value Data Registry Allow Cortana
Klik OK, dan tutup Registry Editor. Langkah terakhir untuk mengaktifkan konfigurasi ini adalah melakukan Sign out, tidak perlu me-restart PC kamu. Caranya klik Start, kemudian pada klik pada ikon User kamu dan pilih Sign Out.

Sign Out
Kemudian Sign In kembali. Hasilnya, ikon Cortana kamu akan berubah menjadi ikon Search biasa sehingga kamu masih bisa menggunakan fitur Search untuk mencari file atau software yang terinstall di PC kamu.

0 comments:

Posting Komentar